Apa itu event organizer? bagi kita yang tinggal dikota besar seperti jakarta, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah yang bisa di sebut juga dengan EO ini.

Karena memang bisnis event oraganizer ini merupakan salah satu bisnis yang sedang banyak di lirik dan menjamur di kota kota besar mengingat peluang sukes di bisnis ini cukup menjanjikan.

Namun apa sebenarna event organizer ini? jawabnya adalah sebuah penyedia jasa profesional dalam menyelanggarakan suatu acara, baik itu ulang tahun, pernikahan, konser musik dan lain sebagainya.

Dimana para pihak yang menggunakan jasa event organizer ini bermaksud menggunakan jasa, karena mereka tidak memiliki waktu yang cukup, ataupun karena ingin memiliki acara dengan konsep yang bagus dan menarik di bandingkan harus menyelenggarakannya sendiri.

Nah, jika sahabat ada keinginan untuk memulai bisnis event oraganizer ini, berikut ada beberapa tips agar sobat bisa sukes menjalakannya.

Apa saja tipsnya? yuk kita simak ulasannya di bawah ini :


 Event Organizer


1. Gali Pengalaman Di Bidang Event Organizer Sebanyak Banyaknya

Ini adalah yang paling penting jika sahabat ingin sukes di bisnis event organizer, semakin banyak pengalaman maka akan semakin besar peluang sukses sobat di bisnis Eo ini, karena walau bagaimanapun tanpa pengalaman yang banyak akan sangat sulit sahabat bisa melakoni bisnis yang satu ini.

Mengingat ada banyak hal yang memerlukan keahlian khusus juga kreatifitas lebih, dalam hal penataan dan juga konsep acara yang menarik, yang tentu kemampuan ini tidak bisa kita dapatkan dengan sendirinya, melainkan dengan cara ikut terjun langsung dan bergabung di beberapa EO yang sudah cukup terkenal dan berpengalaman.

Jadi dalam hal ini, jangan sampai sahabat terburu-buru untuk membuka bisnis eo, jika memang sahabat belum memiliki pengalaman dan pengetahuan sekali di bidang eo.

Lebih baik tunda sejenak keinginan tersebut, dan gali pengalaman sebanyak banyaknya dengan cara bergabung bersama EO yang cukup bepengalaman.

2. Fokus Pada Satu Jenis Event Organizer

Setelah sobat cukup memiliki pengalaman, maka kini saatnya sobat memulai bisnis event organizer sendiri.

Namun saran saya adalah fokus kepada salah satu jenis event organizer lebih dulu, agar bisa lebih cepat berkembang.

Kenapa?

Karena konsep dari satu jenis acara dengan acara lain itu memiliki perbedaan yang cukup significan, yang tidak bisa kita campur adukkan.

Untuk itu alangkah lebih baik, jika sobat fokus pada satu bidang event organizer saja lebih dulu, nanti settelah cukup berkembang baru bisa beralih kebidang acara yang lain.

Sobat bisa memulainya dengan bidang yang kecil kecil dulu sepertu evnet organizer ulang tahun ataupun pernikahan.

3. Bentuk Team Yang Solid

Menjadi seorang event oraganizer mustahil semua bisa kita hendle sendiri, karena dalam hal ini ada beberapa bidang yang di gabung menjadi satu, seperti dokorasi, tata busana, make up, pembawa acara, semua itu membutuhkan sebuah kerjasama team yang solid dan saling menguntungkan satu sama lainnya.

Untuk itu,jika kita ingin sukses di bisnis event organizer ini, lebih baik kita bentuk team yang solid dari awal, misalnya dengan megajak sahabat ataupun kerbat dekat yang memiliki keterampilan yang kita perlukan untuk bergabung bersama kita, karena walau bagaimanpun bekerja sama dengan kerabat dan sahabat tentu akan lebih solid.

Namun jika tidak memungkinkan, kita bisa juga merekrut karyawan dan memberikannya pelatihan lebih dahulu agar bisa trampil dalam menjalankan semua tugas yang kita berikan.

4. Bangun Personal Branding

Pernah terfikir nggak kenapa seliter air putih yang dikemas di sebuah botol yang di beri merek "Aqua" bisa memiliki harga yang cukup mahal?

Apa bedanya coba dengan ari putih yang kita masak sendiri dirumah? sama saja kan? lantas kenapa "Aqua" bisa begitu mahal?

Itu karena mereka sudah memiliki personal branding yang baik di mata masyarakat, yakni minuman kemasan yang sehat dan higenis.

Nah begitu juga dalam bisnis yang lain seperti event organizer, personal branding ini sangat penting untuk kita bangun, sehingga masyarakat percaya bahwa kita merupakan seorang eventi organizer yang profesional dengan pelayanan yang sangat baik.

Tunjukan selalu kualitas pelayanan kita dalam setiap acara yang menggunakan jasa kita, sehingga bisa meninggalkan kesan yang tak terlupakan di mata custumer, maka lama kelamaan personal branding kita akan terbentuk.

5. Bangun Relasi Seluas-luasnya

Memiliki relasi yang luas merupakan hal yang mutlak  jika kita ingin sukes berbisnis jasa seperti (EO), karena dengan memiliki banyak relasi akan mempermudah kita untuk mendapatkan orderan jobs dan mempercepat perkembangan bisnis EO yang kita bangun.

Tapi caranya gimana?

Banyak cara yang bisa kita lakukan, dimulai dari keluarga terdekat, sahabat, rekan kerja, aktif di kegiatan kemasyarakatan, aktif berorganisasi merupakan salah satu cara untuk kita bisa memerpual relasi seluas-luasnya.

Jangan lupa juga untuk kontak secara langsung alumni sekolah dan kampus kita dulu, karena juga cenderung lebih gampang dalam kita membangun relasi.

6. Strategi Pemasaran Yang Tepat

Meskipun di dalam bisnis event organizer tidak ada produk yang kita pasarkan, namun buakan berarti kita tidak perlu strategi pemasaran lho, karena pemasaran yang tepat merupakan ujung tombak dari semua bisnis.

Lalau apa yang harus kita lakukan?

Tidak lain tidak bukan adalah membuat manjemen pemasaran dan strategi marketing yang tepat, dari mulai bagaimana cara kita mempromosikan jasa event organizer kita agar lebih di kenal luas, bagaimana cara memanfaatkan media social dan media internet yang baik.

Semua harus sudah terkonsep dan tertata dengan baik, dan jangan lupa juga lakukan evaluasi secara berkala tentang efektifitas pemasaran yang sudah kita lakukan tersebut.

7. Manajemen Keuangan Yang Baik

Dan yang terakhir, kunci sukes dalam segala bisnis ada menjemen keuangan yang baik, baik dalam pengeluaran maupun untuk perawatan alat-alat yang di perlukan dalam usaha.

Kalau perlua buat catatan pembukuan keuangan, dan jangan sekali kali menggunakan keuangan bisnis untuk keperluan pribadi jika belum jelas berapa keuntungan yang di dapat.

Karena tentu akan berakibat buruk pada perkembangan bisnis sobat nantinya.

Demikianlah sedikit tentang tips sukes bisnis event organizer yang harus di ketahui para pemula, agar bisa sukes, semoga bisa bermanfaat.

Baca juga : Cara mengumpulkan uang Rp 20 juta dalam satu tahun


EmoticonEmoticon