Peluang Usaha Itu Bisa Berasal Dari Lingkungan, Berikut Contohnya !

Mencari peluang usaha itu sebenarnya susah susah gampang, susah kalau kita tidak bisa peka terhadap diri sendiri dan lingkungan, sebaliknya gampang untuk menemukan peluang usaha, kalau kita rajin untuk menggali dan mengamati lingkungan sekitar kita.




Kenapa? karena sebenarnya ada banyak sekali peluang usaha yang berasal dari lingkungan sekitar kita yang terkadang tidak kita sadari dan belum kita gali dan kita kembangkan.



Padahal menggali peluang usaha dari lingkungan inilah yang sangat berpotensi untuk sukses lho, karena itu artinya kita bisa menyesuaikan usaha kita sesuai dengan kondisi lingkungan serta yang di perlukan oelh lingkungan sekitar kita.



Sesuai dengan arti dari peluang usaha itu sendiri, yakni segala kesempatan yang datang dari berbagai sumber yang kemudian di manfaatkan oleh seseorang untuk menggapai yang mereka inginkan.



Jadi peluang usaha itu tidak hanya dari satu sumber saja, karena bisa datang dari mana saja salah satunya dari lingkungan kita. ( Baca : Sumber peluang usaha )

Berikut Beberapa contoh peluang usaha yang berasal dari lingkungan :

1. Misalnya di lingkungan kita banyak yang menjalani profesi sebagai pemancing udang galah. Maka kalau kita jeli, di sini akan timbul peluang usaha sebagai agen penampung udah galah, yang selanjutnya bisa kita jual ke rumah rumah makan ataupun restoran, dengan harga yang lebih menguntungkan tentunya.

Artikel terkait : Daftar peluang usaha yang menjanjikan di rumah tahun 2018 / 2019

2. Apabila daerah kita merupakan daerah tempat wisata yang cukup terkenal, sehingga hampir setap saat selalu ramai di kunjungi oleh turis manca negara dan lokal, maka di sana juga akan ada beberapa peluang usaha yang bisa kita ambil seperti :

  • Menjadi Tour Gaide
  • Menyewakan Peralatan Pariwaisata Yang di Perlukan
  • Berjualan Cinderamata
  • Menyewakan penginapan
  • Menjadi agen travel
  • Bisnis tiket pesawat online

3. Misalnya di lingkungan kita ada banyak sekali sampah baik itu yang oraganik maupun anorganik, maka juga akan ada peluang usaha yang bisa kita ambil seperti

  • Pengolahan sampah oraganik menjadi pupuk
  • Pengolahan sampah anorganik menjadi kerajianan rumah tangga

4. Misalnya di lingkungan kita ada banyak sekali perkebunan sawit milik masyarakat, maka dalam hal ini juga akan timbul peluang usaha seperti



  • Sebagai penampung kelapa sawit
  • Sebagai pemanen
  • Peluang usaha penjualan pupuk dan obat pembasmi hama tanaman

5. Misalnya di lingkungan sekitar kita ada banyak sekali perkebunan apel, maka  peluang usaha yang bisa kita ambil adalah



  • Pengolahan buah apel seperti juice, selei ataupun keripik apel

6. Misalnya lingkungan kita merupakan lingkungan nelayan, maka peluang usaha yang timbul adalah :



  • Menjual peralatan para nelayan
  • Menjual bahan bakar untuk kapal nelayan
  • Peluang usaha pengolahan hasil nelayan, seperti kerupuk ikan, abon ikan dll
Baca juga : Contoh masalah jadi peluang usaha

7. Misalnya di lingkungan kita masih sangat sedikit sekali para penjahit pakaian jadi sehingga sering antri bahkan menolak pesanan pelanggan karena sudah tidak sanggup mengerjakannya, nah ini berarti juga merupakan suatu peluang usaha yang masih sangat bagus jika kita menjadi penjahit.

8. Misalnya di lingkungan kita permintaan daging kurban sangat tinggi namun pasokan dari para peternak sangat kurang, nah maka ini juga bisa menjadi suatu pelaung usaha yang menguntungkan yakni sebagai peternak daging kurban, seperti ternak kambing pedaging.



Kesimpulan : 



Ada banyak sekali peluang usaha yang berasal dari lingkungan sekitar kita asalkan kita mau mengamati dengan seksama dengan dengan sangat jeli. Itulah mengapa ketika kita hendak memulai usaha, sangat di anjurkan sekali untuk melakukan survei lokasi ataupun di lingkungan sekitar, karena memang lngkungan ini sangatlah berpengaruh terhadap kesuksesan kita dalam membangun usaha tersebut.

Komentar

Postingan Populer